COUNTIF dengan Multiple Criteria untuk Rekapitulasi Data (Office 2003 – Recommended)

COUNTIF dengan Multiple Criteria untuk Rekapitulasi Data (Office 2003 – Recommended)

Bagi rekan-rekan yang masih menggunakan Office 2003 (hari geneee!), tentu memahami keterbatasan fungsi COUNTIF yang pada prinsip hanya dapat digunakan untuk kriteria tunggal. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi sedikit trik yang dulu pernah saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Prinsipnya, jika memang COUNTIF hanya bisa menerima kriteria tunggal, maka kita ciptakan kriteria tunggal yang diminta. Selengkapnya mari cermati contoh berikut:
b1

Laporan yang ingin kita hasilkan, meskipun sederhana, namun membutuhkan dua variabel (kriteria), yaitu data unit kerja dan data jenis kelamin. Agar fungsi COUNTIF dapat kita gunakan, maka kita harus menciptakan satu kolom data yang baru, yang merupakan kombinasi antara data unit kerja dan data jenis kelamin, sebagai mana yang tampak pada kolom KRITERIA pada gambar di atas. Formula yang digunakan sangat sederhana, yaitu =A5&B5. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa memahami hasil kombinasi ini karena hasil kombinasi ini bukan konsumsi kita, tapi konsumsi Excel.

Selanjutnya, kita akan menerapkan fungsi COUNTIF untuk melengkapi laporan kita. Adapun formula yang kita gunakan pada sel G5 adalah =COUNTIF($D$5:$D$10,$F5&G$4). Kolom $D$5:$D$10 berisikan hasil kombinasi antara data Unit Kerja dan Jenis Kelamin (Kolom KRITERIA). Sementara $F5&G$4 merupakan kombinasi dari variabel yang digunakan dalam laporan kita, dengan urutan data yang sama dengan urutan data dalam kriteria kita. Sel F5 berisi data unit kerja, sementara Sel G4 berisi data Jenis Kelamin.

Laporan yang dihasilkan kurang lebih tampak sebagai berikut:
b2
Dengan teknik ini, tidak masalah apakah variabel yang digunakan berjumlah dua atau sepuluh bahkan lebih, sepanjang kombinasinya diterapkan secara konsisten, Anda akan mendapatkan hasil yang cepat dan akurat!

Isn’t it cool?
Demikian semoga bermanfaat!!!
Iqbal Soenardi

Bagi rekan-rekan yang masih menggunakan Office 2003 (hari geneee!), tentu memahami keterbatasan fungsi COUNTIF yang pada prinsip hanya dapat digunakan untuk kriteria tunggal. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi sedikit trik yang dulu pernah saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Prinsipnya, jika memang COUNTIF hanya bisa menerima kriteria tunggal, maka kita ciptakan kriteria tunggal yang …

Review Overview

User Rating: 5 ( 1 votes)
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>